Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar 3 Membawaku  Kembali  ke Tantangan

Webinar 3 Membawaku Kembali ke Tantangan

-Tantangan Hari Ke-1

#TantanganGurusiana

MediaGuru kembali mengadakan kegiatan Webinar untuk ke tiga kalinya, setelah dua webinar sebelumnya berjalan sukses. Sayang aku belum bisa bergabung saat webinar 1 dan 2 karena bentrok jadwalnya dengan kegiatan lain.

Allhamdulillah, untuk webinar 3 ini waktunya memungkinkan untuk bergabung, oleh karenanya begitu membaca pengumuman Bapak CEO di FB MGI segera mendaftar dan masuk di grup WA 2.

Webinar yang ketiga ini ada keistimewaan dari yang sebelumnya, yaitu kuota peserta yang sebelumnya terbatas hanya maksimal 300, maka saat webinar 3 peserta dapat mencapai 1.000 orang atas bantuan akun Zoom dari Indosat.

Keynot Speaker pada webinar 3 ini adalah Dr. Praptono,M.E.d (Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. Adapun narasumber yang menyampaikan materi dengan Tema “Guru Penggerak Menjawab” adalah :

1. Alphian Sahrudin,S.Pd.,M.Pd

Guru SD Negeri Kompleks IKIP I Makassar Sulsel

2. Dian Intan Marsifa Fauzia,S.Pd.SD

Guru SD Negeri 25 Membalong Bangka Belitung

3. Elly Alpes Jusa,S.Pd.

Guru SMPN I Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat

4. Tri Sulistini, S.Pd.,M.Pd.

Guru SMPN 6 Pamekasan Jatim

Untuk dapat mengikuti kegiatan ini aku mempersiapkannya dengan maksimal, terutama memeriksa kembali akun zoon takutnya beramasalah ketika alan digunakan. Hal ini pernah terjadi beberapa kali saat aku akan mengikuti zoom meeting malah gagal karena kendala teknis. Beberapa kali kubuka panduan menggunakan aplikasi zoom untuk memastikan saatnya tidak error.

Rabu, 06 Mei 2020 pukul tujuh pagi aku sudah menyiapkan diri, karena tidak ingin ada gangguan dari siapapun aku mengungsi dulu di ruangan yang aman dan tenang. Bukan apa-apa, setiap hari kedua keponakanku yang unyu-unyu akan hilir mudik di ruang kerjaku, dengan celotehan manja dan tangisan serta berbagai kegaduhan khas balita, jelas akan membuat webinarku sedikit terganggu.

Kamar anak bujangku jadi pilihan, di loteng rumah dengan udara yang sejuk dan tenang membuat suasana nyaman dan siap mengikuti paparan materi dari para narasumber.

Sebelum pukul sembilan, ketika link webinar sudah diumumkan segera ku klik, dan... allhamdulillah tanpa kendala apapun webinar dapat kuikuti dengan lancar. Paparan para narasumber begitu menginspirasi dengan pengalaman yang berbeda dan cara berbeda, tetapi sama-sama berperan nyata sebagai ‘Guru Penggerak” di daerahnya masing-masing.

Bapak CEO kita sebagai host memberikan materi pembuka berupa penjelasan tentang berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh MediaGuru dalam upaya mencetak guru-guru penulis dan menghasilkan karya-karya spektakuler dalam bidang menulis.

Bapak Praptono selaku Dirjen GTK Kemendikbud memaparkan tentang ketertinggalan Indonesia dalam bidang literasi dan juga membahas tentang program Guru Penggerak yang akan segera diluncurkan oleh pemerintah. Dalam paparannya Bapak Dirjen GTK juga menggaris bawahi bahwa Guru Penggerak adalah Guru yang Berdaya dan Memberdayakan.

Tiba saatnya para narasumber sebagai Guru Penggerak memaparkan materinya. Best practice masing-masing dalam menjalankan tugasnya, berada di garis depan dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia di tengah segala hambatan dan keterbatasan.

Mendengar paparan para Guru Penggerak tersebut akan membuat malu para guru yang masih suka mengeluh tentang letak geografis sekolah, sarana dan prasarana sekolah yang minim dan berbagai keluhan lainnya yang mungkin saja masih menjadi alasan seorang guru enggan “bergerak”.

Hasil nyata telah ditorehkan oleh para Guru penggerak tersebut, dalam keterbatasan mereka dapat membuktikan “kami bisa!” berbuat sesuatu. Tentu saja hal ini menghasilkan energi positif bagi para peserta webinar.

Semoga akan tampil kembali Guru-guru Penggerak lainnya pada kesempatan yang akan datang sehingga akan menularkan virus kreatif dan inovatifnya pada peserta webinar. Begitu juga untuk diriku sendiri, semoga dengan mengikuti webinar ini, selain menambah wawasan, menambah sahabat, menambah pula semangat pengabdianku dalam upaya melaksanakan amanat undang-undang “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”, Semoga!

Tulisan ini kuupload di Gurusiana dan diberi kode tantangan kembali, mulai dari Tantangan hari ke-1 setelah sebelumnya terjungkal di hari ke – 7 sesi satu, hari ke -37 sesi 2, dan hari ke-9 sesi ke-3 pada bulan Maret. Ah...ternyata aku belum lulus untuk konsisten menulis setiap hari.

Bismillah...kuikuti kembali tantangan menulis ini, semoga lancar dan dapat menulis setiap hari tanpa jeda.

Sukaresmi, 07-06-2020

#Remidi3

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat, Bu.

07 May
Balas

Semoga kali ini, mudah-mudahan mulus dan lancar tanpa ada halangan apapun ya bunda?

07 May
Balas

aamiin,...terima kasih doanya!

07 May

Kita satu grup bu

07 May
Balas

Oh ya...allhamdulillah dipertemukan dalam grup webinar ya Bu!

07 May



search

New Post